Minggu, 29 Juli 2012

Berlibur dengan Pesona Pulau Putri Resort

Berlibur dengan Pesona Pulau Putri Resort
Salah satu cottage di Pulau Putri
Liburan seharusnya merupakan moment yang indah yang ditunggu-tunggu setiap orang, harapan dan imaginasi sebuah resort pulau (island resort) yang indah terbentang dengan pasir pantai, air yang jernih dan birunya samudra dengan pepohonan nyiur dan cottage cottage kecil terpencil dari keramaian seakan menyeruak di pikiran yang telah jenuh akan kerutinitas pekerjaan.

Liburan ini sengaja kami memilih satu resort di pulau kecil terpencil dari keramaian dengan pesona yang indah di kepulauan Seribu yang populer dengan fasilitas dan kenyamanan untuk beristirahat sejenak melumerkan kejenuhan aktivitas dan rutinitas.  Perangkat perbekalan santai dengan t-shirt, celana pendek dan kacamata hitam pun sudah disiapkan dan voucher berlibur pulau Putri yang dipesan dari Hikari Travel pun telah ditangan.  

Peta rute kapal pulau putri
Route kapal dari Jakarta ke Pulau Putri



Saat yang sangat dinantikan tiba, dermaga nomor 9 Marina Ancol sudah dipenuhi oleh wisatawan yang juga mempunyai keinginan sama pun sudah setia menanti untuk diberangkatkan, setelah check in di dermaga dengan memberikan voucher ke petugas di dermaga,  barang bawaan penumpang telah mulai dimasukan ke bagasi kapal yang terdapat di bagian depan kapal, penumpang mulai berjajar didermaga untuk boarding memilih tempat duduk di kapal.

Tak lama nahkoda kapal mulai menghidupkan mesin mesin outboard yang ada di buritan kapal, suara mesin menderu-deru di sertai kepulan asap putih.

Restaurant di Pulau Putri Pulau Seribu
Restaurant untuk makan (pagi, siang dan malam) semua dihidangkan buffet


Hari Sabtu pagi ini cuaca tampak cerah dengan ombak yang tenang seakan kapal sedang meluncur di kolam renang yang tenang, hanya tampak riak air laut yang tampak timbul di buritan kapal dan dikiri - kanan badan kapal yang membelah laut. Kapal jenis longboat milik manajemen pulau Putri ini memang khusus untuk kapal transportasi wisata, kapal berkapasitas sekitar 50an orang itu berjalan perlahan meninggalkan dermaga Marina menuju laut lepas, terlihat dari jendela kapal aktivitas kesibukan wisatawan dan anak buah kapal di dermaga sepanjang muara Marina dengan sederetan kapal - kapal yang tertambat di dermaga Marina Ancol.


Throttle gas di kemudi nahkoda depan mulai tampak didorong secara perlahan kedepan oleh nahkoda, dan seakan suara 4 mesin diburitan kapal mulai dihentak  kapal melaju mengayun membelah ombak, beberapa saat kapal terasa seakan terbang diatas air dan kembali turun membentur ombak, terdengar di kabin suara tawa riang dan celoteh penumpang yang beberapa saat terhenti seperti terkejut ketika kapal seakan terbang dan lambung kapal terkena ombak.  Saya check di GPS Garmin  yang selalu saya bawa, terlihat di GPS digital menunjukan kapal sedang melaju kencang di antara 25 - 27 knot (mile laut), kapal cukup stabil.

Beberapa saat penumpang mulai terbiasa dengan ayunan dan kadang disertai hentakan dilambung yang menghantam air, sangat menyenangkan dan beberapa terlihat mulai tertidur.
Kolam Underwater tunel aquarium yang terdapat dipulau Putri terlihat dari Atas, dimana terihat pintu masuk lorong untuk menuju tunnel yang ada dibawa air


Bagian terbuka di buritan kapal merupakan tempat favourit saya untuk menikmati keindahan laut, air laut yang kadang terpercik ke muka dan angin lembut dengan cahaya matahari pagi, nelayan dengan kapal kecil terlihat hilir mudik, burung camar laut yang terbang dan menukik menyentuh permukaan laut, ikan - ikan yang kadang melompat terbang dan meloncat keluar dari laut semua sungguh suatu kenikmatan,  terlihat bangunan tinggi kota Jakarta mulai menjauh dan terlihat samar-samar, riak air laut dari 4 mesin outboard terlihat menyerupai garis panjang berbuih di belakang kapal.. duh suasana ini yang aku cari :)

Pesona Wisata Pulau Putri Resort


Pulau Putri Pulau Seribu resort ini dapat ditempuh selama 90 menit perjalanan dari Marina Ancol, sekitar jam 09.30 wib kapal sudah merapat di dermaga pulau Putri, dermaga terbuat dari kayu pancang dengan jalan setapak menuju darat. Terlihat di ujung dermaga sebuah keindahan alam pulau kecil di Kepulauan Seribu yang jauh dari keramaian kota. Cottage, watersport, kolam renang, restaurant semua tersedia disini

Glass Bottom Boat pulau Putri Pulau Seribu
Didalam Kabin Underwater Tunnel Aquarium dengan deretan tempat duduk, kapal ini akan berkeliling selama 15 menit di kawasan terumbu karang sekitar pulau Putri, Jam operasi dari jam 08.00 hingga jam 12.00 wib


Pulau Putri Island Resort ini mempunyai 70 unit cottage,  yang setiap cottage nya mempunyai satu kamar, jadi masuk langsung ketemu kamar tidur, bentuk nya cottage ada teras, kamar mandi, TV, kulkas dan berada di pantai yang menghadap ke laut..cottage - cottage ini berada melingkari pulau yang mempunyai luas 8 hektar, jadi kalau anda berjalan terus disepanjang pantai akan kembali tempat anda berdiri semula, jadi jangan takut tersasar.

Glass Bottom boat Pulau Putri Pulau Seribu
Kapal Glass Bottom Boat dari atas



Restaurant yang berdekatan dengan front office, ruang meeting semua nya dihiasi oleh aquarium air laut dengan ikan besar. disebelah front office terdapat, restaurant, sovenir shop yang menjual aneka sovenir dan kebutuhan kecil lain.

Di area dermaga terdapat area snorkeling, watersport kano (sampan kayuh kecil), banana boat dan dive shop yang ada di pantai, kolam underwater tunel aquarium dan kapal glass bottom boat juga terdapat disana. Kolam renang juga terdapat untuk ukuran dewasa dan anak-anak.

Sunset di pulau Putri Pulau Seribu
Suasana Sunset di sekitar dermaga pulau Putri yang berada didepan restaurant


Penyambutan wisatawan yang datang ke pulau Putri ini agak sedikit berbeda dengan resort lain di pulau Seribu, sepasang wanita cantik menari Bali dan segelas welcome drink siap Anda nikmati, langsung menuju front office untuk mendapatkan kunci check in kamar.

Mumpung hari masih pagi dan belum terlalu panas, kita bisa mencoba glass bottom boat, berkeliling selama 15 menit mengelilingi area terumbu karang yang terdapat disekitar pulau, kapal glass Bottom Boat ini mempunyai lambung terbuat dari kaca dan tempat duduk menghadap kedepan yang terdapat di lambung.
setelah itu dapat mampir ke underwater tunel aquarium yang juga terdapat di sekitar area dermaga, bentuknya lorong sekitar 20 meter berada di bawah laut.

Peta cottage dan fasilitas pulau putri pulau seribu
Gambaran peta Cottage dan fasilitas di pulau Putri
Kabin penumpang kapal pulau putri pulau seribu
Suasana Kabin penumpang kapal Pulau Putri

Dermaga Pulau Putri di Marina Ancol Jakarta
Dermaga Marina Ancol Jakarta tempat keberangkatan ke pulau Seribu




Tidak ada komentar: