Jumat, 23 Maret 2007

Martello Castle di pulau Bidadari


ONRUST THE MAIN ISLAND

Pulau Onrust, Pulau Bidadari (sakit), pulau Kelor dan pulau Cipir adalah kesatuan pulau dalam pertahanan VOC dalam menjaga kota Batavia sejak abad 17 sampai pertengahan abad 19. Sebelumnya dengan persetujuan Pemerintahaan Jayakarta, Onrust digunakan sebagai tempat lokasi perbaikan kapal tahun 1615, tetapi sejak terjadi conflict antara pemerintahan Jayakarta dengan kolonialis Belanda, pulau Onrust dibangun sebagai base camp militer untuk invasi melawan pemerintahan Jayakarta. Setelah pemerintahan Jayakarta dikalahkan, pulau Onrust di lebih perkuat oleh VOC dengan dibangunnya castel, pembangunan ini berjalan dari 1786 sampai dengan tahun 1800, pembangunan ini tidak hanya dilakukan di pulau Onrust tetapi juga pulau pulau lain seperti pulau Bidadari, pulau Kelor dan pulau Cipir
Di tahun 1800, 1806 dan tahun 1810 pulau – pulau ini di serang oleh Inggris dan menghancurkan bangunan bangunan yang ada dipulau tersebut.

TYPE OF BIDADARI CASTLE

Bangunan dengan fungsi castle dan menara control di pulau bidadari berbentuk oval diameter 23 meter, ketebalan dinding 2.6 meter, didalam bangunan ada jendela kecil dan besar dan ditemukan 7 ruang di basement yang dipisahkan oleh dinding bata. Salah satunya sebagai penyimpanan amunisi, di bagian tengah terdapat bangunan melingkar untuk pemyimpanan air.
Menara pengawas di pulau Bidadari mempuyai 2 tingkat. Ruang dilantai dua mempunyai ukuran yang sama dengan lantai satu dan mempunyai 7 kamar yang kemungkinan dipergunakan untuk tempat istirahat dan spionase.

Tidak ada komentar: